Random Post
Loading...
Senin, 06 Agustus 2012

Habis Sahur Dilarang Tidur

3:38 PM

Mengapa waktu imsak saat sahur berdekatan dengan waktu subuh? Itu tentu ada maksudnya. Salah satunya adalah untuk menghindari agar orang-orang tidak pada tidur setalah makan sahur. Berbeda apabila waktu imsak dibuat jauh dari waktu subuh, bisa ditebak bila demikian akan banyyak orang yang tidur menunggu subuh, atau langsung bablas sampai matahari terbit.

Nah, tidur setelah makan itulah yang berbahaya menurut ilmu kedokteran. Mengapa demikian? Hal tersebut diakibatkan karena sistem pencernaan,  terutama lambung belum selesai mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kalau dipaksakan tidur, makanan/ minuman bisa balik lagi ke dalam esofagus (saluran yang membawa makanan/minuman dari mulut ke perut) atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan esophageal reflux.

Kalau ada seseorang yang merasa kerongkongan kering, panas, bisa juga ada rasa mual pengen muntah, itu salah satu yang ditimbulkan karena ada makanan yang berbalik arah dari lambung menuju kerongkongan. Karen selain terjadinya arus balik makanan/minuman, didalamnyajuga ikut serta asam lambung yang terkadang masuk ke saluran pernafasan.

Pertanyaanya, berapa lama sebaiknya tidur setelah makan? Menurut para dokter dan ahli kesehatan, rata-rata satu jam, jika makanan yang dimakan tidak terlalu banyak dan tergolong makanan adalah jenis-jenis yang mudah dicerna oleh pencernaan, seperti nasi, sayur, telur, ikan yang tidak digoreng dsb. Tetapi untuk jenis makanan yang sulit dicerna seperti keju dan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung minyak diperlukan waktu sekitar dua jam.

Tapi bagaimana kalau rasa kantuk tak tertahankan, karena hari ini kurang tidur, dan ditambah lagi sisa kantuk yang kemarin? Mungkin yang bisa dilakukan adalah dengan tidur sedikit menggunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Langkah ini bisa menolong untuk menolak gaya gravitasi yang menyebabkan esophageal reflux itu tadi.

Rasulullah SAW sendiri melarang langsung tidur setalah makan. “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah  SWT dari shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena membuat hati kalian menjadi keras.” (HR. Abu Nu’aim dari Aisyah RA).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer