Random Post
Loading...
Kamis, 18 Agustus 2011

Sakit Leher (Tengkuk)

11:13 AM
Sudah beberapa hari terakhir ini leher bagian belakang (bagian tungkuk) saya sakit. Biasanya sih dipijit-pijit dikit sudah sembuh, namun kali ini lain. Makin hari, makin terasa sakitnya. Terutama pada saat kepala menunduk, sakitnya makin terasa. Kalau sudah begini kasih obat parem (biasa orang jawa menyebut) deh baru bisa sembuh. Tapi saat ini susah nyarinya, apa lagi tinggal di perumahan gini, mana ada yang jual..?? heuh…. 

Akhirnya saya mencoba cari refrensi dikit tentang segala tentang sakit saya ini. Berikut ringkasannya :
Sakit leher atau sakit pada bagian tungkuk  merupakan sakit yang banyak dialami oleh banyak orang. Sakit yang berupa nyeri pada bagian sekitar leher dan pundak ini berasal dari banyak penyebab. 

Penyebab :
1.   Pengapuran, terutama orang yang beranjak usia
2.   Penjepitan saraf atau kesalahan posisi dalam menyikapi posisi leher yang benar, misalkan posisi kepala pada saat tidur. Entah karena bantal yg tidak nyaman atau posisi kepala dengan badan yg tidak lurus yg kemudian saat bangun badan terasa kaku semua. Lalu dengan sedikit olahraga kecil seperti mengerakkan bagian2 sendi sampai berbunyi “krutukk..!!” sudah tersa lega…
3.   Ketegangan pada otot leher. Duduk terlalu lama. Posisi tubuh yang salah ketika beraktivitas seperti membaca, bekerja atau menonton televisi
4.   Bagi anda yg banyak menghabiskan wktu di depan komputer penempatan monitor komputer yang kurang sesuai juga bisa menjadi penyebab sakit leher.

Gejala :
Nyeri atau kaku pada leher atau tengkuk atau sekitar pundak atas.
  • Pusing atau sakit kepala
  • Nyeri yang dirasakan bisa terus menerus atau hilang timbul,
  • Baal pada jari jari tangan
  • Nyeri menjalar atau kesemutan ke daerah lengan sampai tangan
  • Rasa nyeri bisa pegal atau tajam (seperti ditusuk jarum) pada bagian leher atau pundak atas
  • Nyeri menggerakan lehar, seperti menunduk, menengok atau mengenadah

Itulah sedikit artikel dari saya tentang sakit leher. Bagi yg merasa sakit lehernya seperti saya sekarang ini semoga cepat sembuh, dan bagi anda yg tidak semoga bisa mencegahnya dengan membaca penyebab di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer