Random Post
Loading...
Sabtu, 28 Juli 2012

Teknologi Baru Agar Tunanetra Bisa Melihat

2:18 PM

Hanya masalah waktu saja nih, nantinya dijamin semua orang buta ada kemungkinan besar dapat melihat kembali dunia.

Bio-Retina (singkatan dari Bionic Retina) yang dikembangkan oleh Nano Retina adalah sebuah retina buatan yang dipasang ke dalam mata seseorang yang kemudian akan bisa membuat orang buta bisa melihat kembali.



Bio Retina akan menggantikan retina yang sudah rusak dan image prosesor yang ada di dalamnya akan menangkap gambar yang dilihat kemudian diterusaan ke otak.
Karena namanya juga termasuk elektronik makanya Bio-Retina juga butuh isi ulang dan isi ulang bisa dilakukan dengan kacamata khusus yang akan mengisi ulang baterai di dalam bio-retina melalui bantuan infrared.Sebenarnya teknologi sejenis sudah ada dan pernah kami bahas yaitu Argus IIt etapi yang satu ini butuh kacamata sedangkan Bio-Retina tidak perlu karena sudah langsung tertanam di dalamnya.

Selain itu, Argus II butuh waktu lebih lama untuk operasi yaitu sekitar 4 jam sedangkan Bio-Retina cukup 30 menit. Dan soal biaya juga Argus II butuh US$ 115.00 sedangkan Bio-Retina hanya US$ 60.000.
Masih mahal sih tapi makin lama pasti makin terjangkau dan rencananya Bio-Retina baru akan diuji coba langsung pada 2013 nanti.

Coba lihat video berikut ini :



sumber :
otakku.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer