Random Post
Loading...
Jumat, 19 Agustus 2011

Sekilas Tentang Informatika

4:17 PM
Dunia global sekarang telah dikuasai oleh sesuatu yang namanya teknologi. Banyak orang-orang mengatakan bahwa sekarang ini adalah zamannya Teknologi dan Informatika. Akan tetapi, belum tentu bahwa mereka yang mengatakan hal tersebut mengenal dan mengetahui apakah informatika itu sendiri. (termasuk yg nulis :D) Dari referensi yg saya dapat saya akan mengulas sedikit tentang informatika tersebut.

Dari segi pengertian, Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi yang berguna.
Informatika bukan sesuatu yang tunggal, melainkan suatu kesatuan yang terdiri dari banyak aspek. Aspek-aspek ini seperti : ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. 

Informatika jauh lebih luas dari yang namanya komputer seperti yang kita ketahui. Masih banyak sesuatu yang dalam arti luas tergolong sebagai informatika. Informatika adalah sesuatu yang flexibel karena mempunyai konsep dasar dan teori yang mudah disesuaikan dengan perkembangan global, sehingga setiap aplikasi-aplikasi dari informatika ini mempunyai perkembangan tersendiri. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Aspek-aspek yang terlingkup dalam informatika itu sendiri :
* Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
* Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
* Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.


Program studi ilmu komputer/informatika bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang memahami ilmu komputer/Informatika baik sebagai suatu disiplin akademik maupun sebagai profesi dalam lingkup masyarakat yang lebih luas. Lulusan program studi ini diharapkan memiliki tingkat pemahaman yang memadai untuk masing-masing bidang/pokok bahasan. Diharapkan program studi ilmu komputer/informatika memiliki karekteristik sebagai berikut :
1.Berfungsi secara efektif dalam kerangka intelektual yang lebih luas dimana institusi tersebut berada. Jadi program studi ini harus bersifat adaptif terhadap lingkungan yang mewadahinya.
2.Mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia profesi dalam bidangnya dan dapat mengembangkan ilmu lebih lanjut serta menjadikan lulusan sebagai manusia seutuhnya
3.Memberi wawasan kepada lulusan yang mencakup isu-isu kemasyarakatan dan etika yang berkaitan dengan profesi komputer.
4.Menyiapkan lulusan yang dapat menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidangnya; seperti kemampuan untuk mendefinisikan masalah, memecahkan masalah, dan bekerja dalam tim.
5.Memperkenalkan mahasiswa terhadap kekayaan teori-teori yang mendasari bidang ilmu komputer/informatika, sehingga mereka dapat memahami kedalaman intelektual yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan masa depan terutama yang berkenaan dengan disiplin ilmu komputer/informatika yang berkembang dengan sangat cepat. 

Selanjutnya, dengan mengacu kepada tujuan pendidikan nasional Indonesia yang termuat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi yang dipadukan dengan kompetensi ilmu komputer/informatika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang didefinisikan oleh Association of Computing Machinery (ACM) dan Institute of Electrical and Electronics Engineer (IEEE), maka dapat dirumuskan sasaran lulusan program studi ilmu komputer/informatika jenjang pendidikan strata-1. Untuk ini, program studi ilmu komputer/informatika jenjang pendidikan strata-1 bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:
1.Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana Ilmu Komputer/ Informatika.
2.Memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
3.Mampu menghadapi situasi-situasi baru dalam profesinya sebagai sarjana ilmu komputer/informatika yang dilandasi prinsip-prinsip fundamental secara mandiri, disertai rasa percaya diri dan pertimbangan yang mantap.
4.Mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara intelektual, sosial dan kultural.
5.Memiliki wawasan pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang aplikasi yang berhubungan dengan perangkat lunak, serta menguasai metode dan teknik menyelesaikan masalah dengan berbantuan komputer.
6.Mampu menghasilkan rancang-bangun sistem perangkat lunak berbasis komputer, serta mampu melakukan dan mengembangkan kegiatan penelitian dalam berbagai bidang ilmu komputer/informatika.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer