Random Post
Loading...
Jumat, 12 September 2014

Waktu yang Mustajab Untuk Berdo'a

10:48 AM
Allah swt. memberikan waktu-waktu tertentu yang menganjurkan kita untuk berdo'a kepadanya. Sebagai seorang muslim, sebaiknya kita memanfaatkan waktu-waktu yang memiliki keutamaan dan kemuliaan untuk berdo'a, agar dikabulkan do'a kita oleh Allah swt.



Allah swt. berfirman :
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku." (Q.S. Al-Baqarah:186)
Berikut Waktu-Waktu yang Mustajab Untuk Berdo'a Agar Dikabulkan oleh Allah swt:

1. Ketika Adzan Berkumandang dan Ketika perang berkecamuk
Rasulullah saw. bersabda:"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang." (H.R. Abu Dawud).
2. Diantara Adzan dan Iqamah
Rasulullah saw. bersabda: "Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak." (H.R. At-Tirmidzi)
3. Ketika sepertiga malam terakhir
Rasulullah saw. bersabda:
"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: "Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Aku ampuni." (H.R. Bukhari Muslim)
4. Ketika sedang Sujud dalam Shalat
Rasulullah saw. bersabda:"Seorang yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (H.R. Muslim)
5. Ketika sebelum Salam pada Shalat wajib
"Ada yang bertanya: "Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah?" Rasulullah saw. bersabda: "Diakhir malam dan diakhir shalat wajib." (H.R. At-Tirmidzi)
6.  Ketika turun Hujan
Rasulullah saw. bersabda:"Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun." (H.R. Al-Hakim)
7. Ketika Hari Arafah
Rasulullah saw. bersabda:"Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah." (H.R. At-Tirmidzi)
8. Ketika Hari Jum'at
"Rasulullah saw. menyebutkan tentang hari Jum'at, kemudian beliau bersabda:"Didalamnya terdapat waktu. Ketika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta." Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (H.R. Bukhari Muslim)
9. Pada hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar
Jabir bin Abdillah r.a. berkata:"Nabi saw. berdoa dimasjid Al-Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau."Riwayat lain menjelaskan:"Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara shalat Dzuhur dan Ashar." (H.R. Ahmad)
10. Ketika Berbuka Puasa
Rasulullah saw. bersabda:"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi." (H.R. At-Tirmidzi, Ibnu Hibban)
11. Ketika Malam Lailatul Qadar
Ummul Mu'minin Aisyah r.a. bercerita:"Aku bertanya kepada Rasulullah: "Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan Malam Lailatul Qadar?  Beliau saw. bersabda: "Berdoalah, Allahumma Innaka 'Afuwwun Tuhibbul Afwaa fa'fu 'annii (Artinya: "Ya Allah,  sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku." (H.R. At-Tirmidzi, Ibnu Majah)
12. Ketika Minum Air Zam-Zam
Rasulullah saw. bersabda:"Khasiat Air Zam-Zam itu sesuai dengan niat peminumnya." (H.R. Ibnu Majah)Demikianlah hal-hal mengenai Waktu-Waktu yang Mustajab yang menganjurkan kita Untuk Berdo'a Agar Dikabulkan oleh Allah swt. Semoga Allah swt. mengabulkan doa-doa kita dan mudah-mudahan segala ibadah kita diterima oleh Allah swt, Aaamiin.

Wallahu a'lam bisshawwab.



sumber : tutorial-blogz

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer